Penguatan UKS / TP UKS Kapanewon Sentolo

Penguatan UKS/TP UKS Kapanewon Sentolo dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Mei 2022 di Pendopo Kapanewon Sentolo, hadir dalam kegiatan tersebut Panewu Sentolo, Kepala UPT Puskesmas Sentolo 1, KUA, K3S, Pengawas TK, Guru PAUD dan TK, Guru SD, Pengawas SMP dan Guru SMP se Wilayah Sentolo 1, Jawatan Sosial Kapanewon Sentolo.


Panewu Sentolo, Raden Sigit Purnomo, S.IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa TP UKS Kapanewon Sentolo belum bisa berjalan maksimal karena ada beberapa hambatan seperti komitmen masih kurang, belum ada waktu khusus di sekolah untuk program-program UKS, pembinaan belum maksimal dan pemahaman yang belum sejalan. Dalam kesempatan tersebut, Panewu Sentolo juga menginformasikan terkait paradigma UKS yang selama ini hanya terkait lomba sekolah sehat, penilaian sekolah, dan ruang UKS, saat ini bergeser menjadi pembiasaan hidup sehat melalui pelaksanaan sekolah sehat yang rutin, komprehensif dan terintegrasi.


Kegiatan penguatan UKS ini dilengkapi juga dengan sebuah komitmen dari seluruh stakeholder bahwa skema UKS terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat sebagaimana disampaikan dr. Renny Lo, Kepala UPT Puskesmas Sentolo 1. Penyampaian materi Penguatan UKS disampaikan oleh Programmer UKS Puskesmas Sentolo 1, Anisa Wulan Puspita, A.Md.keb, bahwasanya saat ini seluruh sekolah dari jenjang PAUD sampai SMA ada penilaian stratifikasi UKS yang bertujuan untuk mengetahui tingkatan strata UKS sekaligus unsur dan kegiatan apa saja yang sudah ada di sekolah. Mulai bulan Juli tahun ajaran baru, akan ada kegiatan skrining kesehatan anak sekolah dengan sasaran siswa SD dan SMP seluruhnya, mulai dari kelas 1 SD sampai Kelas 3 SMP, sehingga dimohon kerjasama dari pihak sekolah agar semua rangkaian dapat berjalan lancar dan target capaian SPM 100 % bisa tercapai.