PENTASYARUFAN SANTUNAN YATIM, PIATU DAN DHUAFA TAHUN 2022 DI KAPANEWON SENTOLO

Pada hari ini Rabu, 27 April 2022, Di Pendopo Kapanewon Sentolo dilaksanakan pentasyarufan santunan kepada Anak Yatim Piatu dan Dhuafa yang ada di Wilayah Kapanewon Sentolo. Hadir dalam kegiatan ini Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo, Bapak Ketua BAZNAS Kabupaten Kulon Progo, Panewu Sentolo, Lurah se Kapanewon Sentolo, Pimpinan Pondok Pesantren Al- Ma’ruf, Pimpinan Panti Asuhan Muhammadiyah Karang Tuksono dan Pimpinan Panti Asuhan Al-Ikhlas Ngrandu Salamrejo, dan Tim Penggerak PKK Kapanewon Sentolo sebagai Shohibul Bait kegiatan ini.

Panewu Sentolo, Raden Sigit Purnomo, S.IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada bulan ramadhan yang diprakarsai oleh Tim Penggerak PKK Kapanewon Sentolo, untuk tahun ini pentasyarufan santunan diberikan kepada 409 penerima yang terdiri dari 280 penerima di Kalurahan, masing-masing Kalurahan 35 penerima, 13 penerima dari Ponpes Al-Ma’ruf Kalimenur, 16 penerima dari Panti Asuhan Muhammadiyah Tuksono, 12 penerima dari Panti Asuhan Al-Ikhlas Ngrandu Salamrejo, 83 penerima warga PKK Kapanewon dan 5 penerima tenaga non ASN Kapanewon Sentolo.


Pentasyarufan kali ini menghabiskan dana sebesar Rp. 63.558.900,-, yang rincian penggunaannya Rp. 61.350.000,- untuk 409 penerima @Rp. 150.000,- dan belanja operasional kegiatan sebesar Rp.2.208.900,-. Dana pentasyarufan ini merupakan bantuan dari Baznas Kabupaten Kulon Progo sebesar Rp. 37.500.000,-, Donatur Tahun ini Rp. 20.183.000,- dan saldo tahun yang lalu sebesar Rp. 5.875.900,-, sehingga seluruhnya berjumlah Rp. 63.558.900,-. Dana tersebut sudah disalurkan dengan saldo Rp. 0,-.


Sementara itu, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo, Dra.Hj. Sri Wahyu Widhati dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik dan akan menjadi motivasi bagi Kapanewon yang lain, diharapkan bantuan dimanfaatkan sebaik mungkin, seperti membeli alat-lat sekolah, tas, sarung, sepatu, jangan hanya untuk membeli pulsa yang tidak ada manfaatnya untuk kepentingan sekolah.


Dalam kesempatan ini, hadir juga Ketua Baznas Kabupaten Kulon Progo yang mengapresiasi kegiatan pentasyarufan ini, dan diharapkan setiap tahun sasaran semakin berkurang namun jumlah penerimaan santunan bertambah, sehingga bisa menjadi potret bahwa kesejahteraan masyarakat Kapanewon Sentolo semakin meningkat.