Pengajian Rutin Oleh Penyuluh Agama KUA Sentolo

Sentolo, (22/04/2022). Pengajian rutin keluarga besar Kapanewon Sentolo dilaksakan setiap Jumat pagi di Mushola Al-Ikhlas Kapanewon Sentolo. Pengajian yang selalu diselenggarakan ini sebagai upaya olah batin untuk merefresh keletihan hati atas beban pekerjaan.

Rohmat Penyuluh Agama KUA Sentolo selaku penceramah menyampaikan tema tentang Keutamaan Shalat. Sebagaimana yang Rasulullah SAW sampaikan dalam hadistnya tentang keutamaan sholat, maka kita sebagai umatnya hendaknya melakukan shalat wajib 5 waktu ini dengan hati yang lapang, penuh kesyukuran, keikhlasan dan keistiqomahan sehingga kita bisa terhindar dari golongan orang-orang yang lalai dari shalatnya. Shalat adalah tiang agama. Analogi paling sederhana tentang shalat dalam Agama Islam adalah shalat sebagai tiang sebuah bangunan bernama Agama Islam.

Keutamaan bagi kita yang senantiasa menyegerakan shalat di awal waktu:

  1. Shalat tepat waktu dicintai Allah melebihi berbakti pada orangtua dan berjihad

Shalat awal waktu dicintai Allah, karena saat seorang hamba bergegas melakukan shalat di awal waktu, maka itu adalah salah satu ciri yang membuktikan kecintaannya pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

  1. Surga adalah balasannya

Dan balasan yang telah Allah janjikan bagi seorang hamba yang senantiasa menyegerakan shalatnya di awal waktu adalah surga. Kebahagiaan dan keindahan abadi itu telah Allah persiapkan bagi hamba yang senantiasa berlari ke arah-Nya.

  1. Diampuni dosanya

Orang yang shalat tepat waktu berarti telah memprioritaskan Allah dan mengikhlaskan dirinya menghadap Allah di waktu terbaik, oleh sebab itu orang yang menghadap Allah dengan ikhlas seperti ini akan digugurkan dosa-dosanya sebagaimana gugurnya dedaunan dari pohonnya.

  1. Pahala kebaikan yang amat besar

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah pernah bersabda,

…Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.
(HR. Bukhari)

  1. Memperoleh sembilan macam kemuliaan

Utsman bin ‘Affan RA berkata: “Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, eberadaannya selalu dijaga malaikat, umahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.

Itulah keutamaan-keutamaan shalat tepat waktu, semoga kita senantiasa menjadi hamba yang selalu menjalankan ibadah shalat tepat waktu.