Safari Tarawih Kabupaten di Masjid Al Miftah Sentolo Lor

Pelaksanaan Safari Tarawih Tingkat Kabupaten Kulon Progo pada hari Kamis, 14 April 2022 di Masjid Al Miftah Pedukuhan Sentolo Lor, Kalurahan Sentolo, Kapanewon Sentolo. Safari dihadiri Bapak Bupati Drs. H. Sutedjo beserta jajarannya, Panewu Sentolo beserta jajarannya dan Perangkat Kalurahan Sentolo beserta jamaah Masjid Al Miftah.

Sambutan dari Takmir Masjid Al Miftah diwakili oleh Lurah Sentolo menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan safari tarawih tingkat Kabupaten Kulon Progo yang berkenan hadir di Masjid AL Miftah, tentu dalam menanggapi apabila ada kekurangan mohon maaf yang sebesar besarnya. Masjid Al-Miftah yang berdiri di Pedukuhan Sentolo Lor ini tergolong Masjid baru. Bermula ada tokoh agama yang mendirikan langgar. Diawali pada hari Sabtu, 6 Februari 2021 di tengah pandemi covid 19 masyarakat saling bahu membahu membangun Masjid ini hingga sampai saat ini masjid sudah bisa berdiri dan dimanfaatkan masyarakat meskipun bangunan ini baru 50%. Mohon doa restu untuk bisa melanjutkan pembangunan masjid ini.

Selanjutnya penyerahan bantuan dari Baznas Kabupaten Kulon Progo dengan rincian Rp 3.500.000,- kepada Takmir Masjid Al Miftah dan bantuan kepada 5 orang untuk pedagang kecil / kaum dhuafa disekitar masjid masing-masing Rp 500.000,- .

Sambutan Bupati Kulon Progo. Dalam sambutannya mengimbau untuk saling menjalin silaturahmi, saling menjaga kerukunan dan gotong royong. Semoga selalu diberikan kenikmatan sehat sehingga dapat melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan ini. Meskipun Pemerintahan sudah memberikan kelonggaran namun pandemi belum berakhir untuk itu selalu mentaati protokol kesehatan, juga saling menjaga anggota keluarga untuk menghindari kejahatan kejahatan yang sering terjadi di jalanan.

Sementara itu Gus Ahmad Fawezin dalam ceramahnya menyampaikan tema pendidikan bulan Ramadhan. Puasa membawa pendidikan mengedepankan kedamaian, ketika puasa seseorang diperintahkan untuk mengendalikan diri. Diperlukan kesabaran tingkat tinggi. Puasa juga menciptakan suasana damai dan persaudaraan sesama manusia. Selain itu puasa juga mengajarkan jiwa sosial. Hikmah puasa Ramadhan antara lain menghentikan kejahatan dengan cara mengendalikan diri secara utuh jasmani dan rohani.