Nyadran Agung Tahun 2021 Kapanewon Sentolo

Nyadran Agung merupakan tradisi masyarakat Jawa dalam menyongsong Bulan Ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya Nyadran dikemas dengan kirab bregada dan arakan Gunungan Apem, Gunungan Tumpeng dan Gunungan Hasil Bumi. Yang kemudian akan diperebutkan oleh masyarakat sebagai Ngalap Berkah.

Disamping untuk tetap menjaga nilai-nilai tradisi yang sudah diwariskan secara turun temurun, kegiatan Nyadran Agung juga sebagai ajang silahturahim.

Namun kali ini Nyadran Agung Tahun 2021 berbeda. Sudah ditetapkan sejak Tahun 2020 kegiatan Nyadran Agung yang berpusat di Alun-alun Wates dan melibatkan ribuan partisipan untuk sementara tidak diperbolehkan guna mencegah penyebaran COVID 19.

Maka pelaksanaan Nyadran Agung Tahun 2021 di Kapanewon Sentolo cukup diselenggarkan di Pendopo Kapanewon. Melalui Zoom Meeting dan terhubung dengan OPD lainnya se Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

"Harapan kami pelaksanaan Nyadran Agung yang sederhana ini tidak mengubah esensi dari nilai tradisi itu sendiri" Ujar Panewu Sentolo Raden Sigit Purnomo, S.IP disela-sela memantau kesiapan pelaksanaan Nyadran Agung Tahun 2021 di Kapanewon Sentolo.