Musrenbang Kapanewon Sentolo 2021

Bertempat di Pendopo Kapanewon Sentolo dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021 Tingkat Kapanewon. Peserta Musrenbang terdiri dari utusan dari Kalurahan, SKPD Tingkat Kapanewon, Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, dan SKPD Tingkat Kabupaten Kulon Progo, Selasa 16 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Raden Sigit Purnomo, S.IP, menekankan bahwa Musrenbang Kapanewon merupakan forum musyawarah para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kalurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah Kapanewon serta penyikapan terhadap penangan COVID 19, yang dikoordinasikan oleh Bappeda.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kabupaten dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun. Pemerintah membuka ruang kepada publik untuk menyampaikan ide dan aspirasinya dalam pembangunan di tahun mendatang. Apalagi masyarakat lebih paham terkait persoalan dan solusi di lingkungan masing-masing.