Kapanewon Sentolo Luncurkan Maeso Jenar, Pemohon IMB Cukup Di Rumah Saja.

Maeso Jenar, Melayani Masyarakat Sentolo Jemput dan Antar. Diluncurkan di Pendopo Kapanewon Sentolo pada Rabu, 13 Januari 2021. Gagasan ini muncul untuk memberikan pelayanan terkait pelayanan Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ) bagi warga khususnya warga Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Bermula dari Program PATEN Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan yang didalamnya memuat poin pelayanan Izin Mendirikan Bangunan dengan kualifikasi tertentu, Maseo Jenar ada untuk memfasilitasi program tersebut.

Situasi Pandemi COVID-19 seperti saat ini, ruang gerak warga dalam mengakses pelayanan kian terbatas. Tapi tentu saja hal ini untuk kebaikkan bersama, bersama-bersama berjuang melawan COVID - 19. Maka, Kapanewon Sentolo dengan Maeso Jenar nya mencoba memberikan pelayanan alternatif dan maksimal bagi warga Kapanewon Sentolo. Di Jemput dan di antar, warga masyarakat Kapanewon Sentolo yang ingin mengurus perizinan mendirikan bangunan cukup di rumah saja.

Teknisnya cukup mudah mengajukan permohonan dengan kirim pesan ke nomor Whatsapp 0821 3757 7652. Upload / kirim foto KTP, sudah memiliki Gambar konstruksi bangunan dan situasi dibuktikan dengan mengirim foto gambar tersebut, status kepemilikan tanah dan keadaan tanah dengan keterangan Pekarangan dibuktikan dengan upload / kirim foto Sertifikat Tanah, bangunan sederhana tidak bertingkat, bukan bangunan Pemerintah, bukan bangunan komersil, lokasi bangunan diluar jalan Provinsi atau Negara serta luas bangunan tidak lebih dari 100m2.

Setelah syarat itu terpenuhi data-data tersebut akan diproses oleh Tim Pelayanan, Tim akan mengkonfirmasi waktu dan tempat kepada pemohon. Selanjutnya tim akan mendatangi rumah pemohon untuk verifikasi data dan informasi yang diterima melalui whatsapp dengan kenyataan di lapangan. Jika data serta informasi tersebut benar, maka pemohon akan diberikan berkas formulir permohonan yang wajib diisi dan dilengkapi oleh pemohon serta biaya administrasi IMB yang harus dibayarkan oleh pemohon ke Bank BPD DIY Cabang Pembantu Sentolo dengan tanggal pembayaran yang ditentukan oleh Tim agar sesuai dengan tanggal disahkannya Surat Keputusan Panewu Sentolo Tentang IMB atas nama pemohon yang bersangkutan.

Pemohon yang sudah menyelesaikan pembayaran administrasi biaya IMB upload / kirim bukti pembayaran yang sah dari Bank ke Whatsapp Tim Pelayanan, maka tim akan antarkan Surat Keputusan IMB yang sudah ditandatangani oleh Panewu Sentolo ke rumah pemohon diharapkan pemohon sudah menyelesaikan mengisi formulir serta melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan dengan baik dan benar, karena akan dibawa oleh Tim Maseo Jenar. Selesai.

Dasar Hukum dan SOP
Surat Keputusan Panewu Sentolo Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Umum Izin Mendirikan Bangunan Melayani Masyarakat Sentolo Dengan Jemput dan Antar ( Maseo Jenar )