Personil Tim PATEN Kapanewon Sentolo Mengikuti Bimtek SIM-BG dan OSS

Pada tanggal 22 sampai dengan 24 September 2020 bertempat di Mal Pelayanan Publik ( MPP ) Kabupaten Kulon Progo. Kapanewon mengirimkan 2 (dua) personil tim Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ( PATEN ) bimbingan teknis (bimtek) tentang aplikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat yaitu Sistem Informasi Bangunan Gedung ( SIM-BG ) dan aplikasi Online Single Submission ( OSS ).

Sekilas tentang SIM-BG, Sejak diundangkannya UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan sejalan dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten/Kota memiliki tanggung jawab terhadap penyelenggaraan Bangunan Gedung yang tertib dan andal khususnya dalam proses penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung (SLF).

Dengan diundangkannya PP No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, penyelenggaraan bangunan gedung dituntut untuk memberikan kemudahan dalam proses perizinan khususnya bagi pelaku usaha.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan Peraturan Daerah tentang Bangunan Gedung serta mendorong kemudahan perizinan berusaha, telah diundangkan Permen PUPR No. 19 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan IMB dan SLF melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Menindaklanjuti peraturan tersebut, Direktorat Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). SIMBG diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan bangunan gedung di wilayahnya baik dalam proses penyelenggaraan IMB dan SLF sehingga lebih tertib dan transparan sesuai dengan prosedur penyelenggaraan bangunan gedung yang telah ditetapkan.

Dengan adanya SIMBG diharapkan proses penyelenggaraan bangunan gedung juga menjadi lebih efektif dan koordinasi antar perangkat daerah terkait menjadi lebih jelas. Semoga Buku Panduan Aplikasi SIMBG ini bermanfaat bagi kita semua.

SIM-BG