Dianjurkan Untuk Selalu Membawa Masker Cadangan, Ini Alasannya Menurut Kementerian Kesehatan RI

Akun resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memposting cuitan tentang upaya pencegahan penyebaran COVID 19 di Indonesia. Dianjurkan masyarakat untuk memakai masker non medis dalam situasi dan keadaan tertentu.

Cuitan bertagar #MaskerUntukSemua tersebut menjelaskan bahwa makser yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki 3 lapisan kain, yaitu Kain Hydrofilik seperti kain katun yang dilapisi juga kain yang mendukung optimalisasi vultrasi. Kedua dengan lapisan katun atau polyster, sedangkan untuk lapisan luar menggunakan kain yang bersifat anti air atau hidrofobik, seperti kain yang terbuat dari polypropylene.

Kemudian akun dengan ID @KemenkesRI dalam cuitan yang diposting pada 10 Juni 2020 juga menekankan bahwa, penggunaan masker kain disarankan maksimal 4 jam, setelah itu ganti dengan yang bersih. Dan harus segera diganti apabila basah dan lembab.

Maka masyarkat dianjurkan untuk selalu membawa masker lebih dari satu atau masker cadangan ketika beraktivitas.

Perlu diingat bahwa pemakaian masker yang baik dan benar bukanlah satu-satunya cara agar tidak tertular COVID 19, pemakaian masker hanya dapat efektif apabila disertai kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti cuci tangan memakai sabun dan tetap jaga jarak fisik, tutup cuitan @KemenkesRI

sumber : https://twitter.com/KemenkesRI/status/1270620320437682177

sumber gambar : http://promkes.kemkes.go.id/poster-semua-pakai-masker