Bersama Kita Bisa Cegah Coronavirus, Dengan Melakukan Hal Ini.

Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. DIkutip dari Alodokter.com, Penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novelcoronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratorysyndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Upaya pencegahan penyebaran COVID - 19 telah dilakukan oleh Pemerintah melalui media online, surat kabar, radio dan televisi. Selain menekankan kembali Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ), gerakan kebersihan lingkungan dengan penerapan protokol kebersihan diharapkan mampu menekan laju penyebaran COVID - 19.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran 005/1565 tertanggal 31 Maret 2020, yang berisi tentang Gerakan Kebersihan Lingkungan dengan protokol diantaranya sebagai berikut :

Pengurangan jumlah kemungkinan mikroorganisme ketingkat bahaya yang lebih rendah yaitu dengan membersihkan permukaan yang terindikasi kontaminasi oleh mikroorganisme.

Sasarannya adalah lingkungan permukaan datar, seperti lantai, dinding, meja, kursi, almari dan perabot rumah tangga. Benda-benda yang paling sering bersentuhan dengan tangan seperti pegangan tangga, gagang pintu, gagang telepon atau Handphone, workstation, peralatan daput dan makanan, toilet dan wastafel juga harus dibersihkan. Serta pembersihan juga menyasar pada ventilasi buatan seperti air conditioner, air seterilization, air purifier dan AC Sentral.

Seperti Bleaching atau pemutih adalah jenis cairan yang dapat dipergunakan. Dengan takaran 2 (dua) sendok makan per 1 liter. Jenis karbol pun bisa dipergunakan dengan takaran 2 (dua) sendok makan per 1 liter air. Sedangkan takaran untuk jenis cairan seperti pembersih lantai adalah 1 tutup botol per 5 liter.

Jenis cairan yang dapat digunakan adalah: a. Bleaching (Pemutih) dengan takaran 2 sendok makan per 1 L air. b. Karbol dengan takaran 2 sendok makan per 1 L air. c. Pembersih lantai dengan takaran 1 tutup botol per 5 L air

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditekankan dalam Surat Edaran tersebut. Selalu gunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sarung tangan dan masker sekali pakai. Sarung tangan harus dibuang setiap selesai digunakan.

Lepaskan APD dan lanjutkan dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Selalu melaksanakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan air mengalir sebagai bentuk personal hygiene.