ANGGOTA BPK SE KAPANEWON SENTOLO, DILANTIK HARI INI

Hari ini, Rabu 1 April 2020 Panewu Sentolo telah mengambil sumpah / Janji dan melantik Anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK) se Kapanewon Sentolo di Pendopo Kapanewon Sentolo, Rabu 1/4.


Hadir dalam acara tersebut Dan Ramil Sentolo, Kapolsek Sentolo, Lurah se Kapanewon Sentolo, dan Seluruh Anggota BPK se Kapanewon Sentolo.

Acara dimulai tepat pukul 08.00 WIB sesuai jadwal yang direncanakan oleh panitia. Pengucapan sumpah/janji dan pelantikan BPK ini berurutan, dimulai dari Kalurahan Demangrejo dilanjutkan Srikayangan, Tuksono, Salamrejo, Sukoreno, Kaliagung, Sentolo.dan terakhir Banguncipto.

Dalam sambutannya Panewu Sentolo menyampaikan bahwa BPK adalah bagian dari pemerintah Kalurahan. Sebuah lembaga perwujudan dari demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan.

Anggota BPK adalah wakil dari Kalurahan yang terdiri dari unsur keterwakilan perempuan dan keterwakilan wilayah yang berfungsi bersama dengan Lurah menetapkan Peraturan Kalurahan serta menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

BPK dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan dan pembangunan .

Dijelaskan pula kewenangan BPK bersama Lurah membahas rancangan Peraturan Kalurahan, melakukan pengawasan terhadap kinerja Lurah, membentuk panitia pemilihan Lurah, menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Panewu Sentolo atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo meminta 5 perhatian terhadap BPK yang baru dilantik, yaitu untuk mampu bekerja dan melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai aturan perundangan, membangun komunikasi dan koordinasi yang harmonis dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam wilayah Kalurahan. Dan untuk sesegera mungkin membentuk struktur kelembagaan BPK paling lambat 3 hari setelah pelantikan ini sebagaimana telah tertulis dalam ketentuan Perda No. 18 Tahun 2018.

Selain itu, BPK diminta untuk mendorong menggerakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di wilayah Kalurahan sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian Kalurahan. Dalam menyikapi kondisi bangsa Indonesia saat ini terkait dengan darurat Virus COVID-19 agar tetap melaksanakan aktivitas yang disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Acara berakhir tepat pukul 11.30, ditutup dengan berdoa bersama demi kelancaran tugas dan misi yang diemban oleh para Anggota BPK se- Kapanewon Sentolo.

Kontributor SUTADI Staf Jawatan Praja