Visi Misi

VISI DAN MISI KECAMATAN SENTOLO

Dalam rangka mengelola dan mengembangkan potensi dan sumber daya daerah untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan Kecamatan Sentolo harus mampu menjabarkan RPJM Daerah sebagai perwujudan dari visi dan misi Kepala Daerah Kulon Progo sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Kulon Progo yang sejahtera.

Untuk mewujudkan Kulon Progo yang sehat, mandiri, berprestasi, adil aman, dan sejahtera berdasarkan iman dan taqwa seperti tersebut dalam visi Kulon Progo, maka pembangunan dapat dirumuskan menjadi 6 misi, yaitu :
1.  Mewujudkan sumberdaya manusia berkualitas tinggi dan berakhlak mulia melalui peningkatan kemnadirian, kompetensi, ketrampilan, etos kerja, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan kualitas keagamaan
2.   Mewujudkan peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur pemerintahan yang berorientasi pada prinsip-prinsip good governance.
3.   Mengembangkan keunggulan ekonomi daerah berbasis pada sector pertanian dalam artian luas, industry dan pariwisata yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan bertumpu pada pemberdayaan masyarakat.
4.   Meningkatkan pelayanan infrastruktur yang mendukung pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
5.    Mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan secara optimal dan berkelanjutan
6.    Mewujudkan keamanan dan ketertiban melalui kapasitas, perlindungan dan penegakan hukum.


Kecamatan sebagai perangkat daerah yang dipimpin oleh Camat melaksanakan tugas dan urusan seperti tertuang dalam Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 75 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi dan Tugas, Serta Tata Kerja Pada Kecamatan pada pasal  3, 4 dan 5 tersebut dijelaskan bahwa Camat mempunyai fungsi pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian Urusan Pemerintahan Daerah. Selain itu fungsi Camat juga menyelenggarakan fungsi umum pemerintahan meliputi :
a.    Koordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat;
b.    Koordinasi upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
c.    Koordinasi penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
d.    Koordinasi pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
e.    Koordinasi penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan di tingkat Kecamatan;
f.    Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan/atau Kelurahan; dan
g.    Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintahan Desa atau Kelurahan


Fungsi kecamatan sabagai perangkat daerah di kecamatan masih sangat relevan dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati. Tujuan akhir visi dan misi yaitu kesejahteraan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen masyarakat dan pemerintah melaksanakan tugas dan fungsinya, termasuk kecamatan. Visi Pembangunan Kabupaten Kulon Progo tahun 2017-2022 adalah :


“Terwujudnya masayarakat Kulon Progo yang sejahtera, aman, tenteram, berkarakter, dan berbudaya berdasarkan iman dan taqwa”


Untuk mencapai visi Kabupaten Kulon Progo tahun 2017-2022 tersebut, maka dirumuskan 4 misi Kabupaten Kulon Progo  sebagai berikut:
1.    Mewujudkan sumberdaya manusia yang sehat, berprestasi, mandiri, berkarakter dan berbudaya;
2.    Menciptakan system perekonomian yang berbasis kerakyatan;
3.    Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam lingkungan kehidupan yang aman, tertib dan tenteram;
4.    Mewujudkan pembangunan berbasis kawasan dengan mengoptimalkan sumber daya alam dan didukung oleh teknologi serta infrastruktur yang berkualitas.