Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kecamatan Sentolo Tahun 2017

RINGKASAN EKSEKUTIF

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dibangun dan dikembangkan dalam rangka perwujudan pertanggungjawaban kinerja suatu instansi dalam mencapai tujuan dan sasaran strategis instansi serta memuat informasi pencapaian tujuan dan sasaran organisasi, realisasi pencapaian indikator kinerja organisasi, penjelasan yang memadai atas pencapaian kinerja dan perbandingan capaian indikator kinerja sampai dengan tahun berjalan dengan target 5 (lima) tahunan yang dituangkan dalam Rencana Strategis Instansi.

Sasaran Jangka Menengah Kecamatan Sentolo yang tertuang dalam Rencana Strategis OPD Tahun 2017-2022 adalah mengacu pada Visi Kabupaten Kulon Progo yaitu “Terwujudnya Kabupaten Kulon Progo yang sejahtera, aman, tenteram, berkarakter, dan berbudaya berdasarkan iman dan taqwa”. Untuk mewujudkan visi tersebut ditempuh melalui sebuah misi, yaitu “Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam lingkungan kehidupan yang aman tertib dan tenteram’’.

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kecamatan Sentolo merupakan bentuk pertanggungjawaban atas perjanjian kinerja Kecamatan Sentolo yang memuat rencana, capaian, dan realisasi indikator kinerja dari sasaran strategis. Sasaran dan indikator kinerja yang dipilih termuat dalam Indikator Kinerja Utama Instansi Tahun 2017-2022 sebagaimana tertuang pada Renstra Kecamatan Sentolo Tahun 2017-2022.

Dari analisis terhadap dua (2) Indikator Kinerja Utama (IKU) yang juga merupakan indikator kinerja sasaran yang dipilih sebagai tolak ukur, dapat disimpulkan bahwa :

1. Sasaran Meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan kecamatan dengan indikator “Capaian Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan” dari target 88,32 terealisasi Sentolo dengan capaian kinerja 88,32.%;

2. Sasaran Meningkatnya kualitas pelayanan masyarakat dengan indikator “Indeks Kepuasan Masyarakat” dari target 76,26 terealisasi 78,91 dengan capaian kinerja Rp. 71.030.500,- atau 99,97 % Kinerja Keuangan Kecamatan Sentolo pada tahun 2017 sebesar Rp.1.121.421.182,- atau mencapai 97,40 % dari anggaran sebesar Rp. 1.151.277.675,- -.

Permasalahan dan Solusi Secara umum hambatan dalam pencapaian target pelaksanaan kinerja baik kinerja keuangan maupun kinerja utama kecamatan yang telah ditetapkan, adalah sebagai berikut :

- Kesulitan dalam melakukan estimasi pada belanja telepon, listrik pada Kegiatan Pelayanan Administrasi Perkantoran pada Kegiatan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Perkantoran.

- Kendala jaringan Komunikasi/Internet sehingga menyebabkan keterlambatan dalam pelaksanaan proses pelaporan keuangan.

- Pengadaan barang inventaris (Sepeda motor) terkendala lambatnya posting e-katalog oleh pihak penyedia sehingga merubah aliran kas dan menurunkan prosentase capaian kinerja. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kesenjangan antara perencanaan dan realisasi belanja, keterlambatan proses penggarapan SPJ dan aliran Kas bergeser sesuai dengan munculnya e-katalog.

Adapun solusi untuk permasalahan di atas adalah :  Perlunya ketelitian dalam memperkirakan dan merencanakan kebutuhan yang akan datang. Hal tersebut bisa disiasati dengan melakukan konsultasi intensif terlebih dahulu kepada pihak pihak yang terkait.  Apabila kebutuhan mendesak, pelaksanaan kegiatan proses keuangan dilaksanakan di Bidang Aklap atau di ruang komputer Dinas Kominfo  Merubah aliran kas pengadaan kendaraan bermotor .

Selengkapnya..

LKJiP Kecamatan Sentolo Tahun 2017