Rencana Strategis ( RENSTRA ) Kecamatan Sentolo 2017 - 2022

Latar Belakang


Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2008 tentang Perubahan  atas Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, setiap Kepala Daerah diwajibkan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD)


Perkembangan lingkungan strategis baik nasional, regional, dan daerah mengharuskan birokrasi untuk senantiasa responsif terhadap perubahan dengan mengkaji ulang pendekatan dan sistem perencanaan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang terarah demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.


Dalam rangka mengelola dan mengembangkan potensi dan sumber daya daerah untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan Kecamatan Sentolo harus mampu menjabarkan RPJM Daerah sebagai perwujudan dari visi dan misi Kepala Daerah Kulon Progo sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Kulon Progo yang sejahtera.


Selain itu, RPJMD disusun dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal wilayah yang akan terangkum dalam isu-isu strategis melalui analisis SWOT. Kondisi internal wilayah meliputi kondisi fisik dan lingkungan, perekonomian wilayah, keuangan daerah, kependudukan, sosial budaya, sarana dan prasarana wilayah, pemerintahan dan keamanan dan politik. Analisis terhadap kondisi internal wilayah akan menemukenali potensi wilayah yang dimiliki dan masalah yang dihadapi. Faktor eksternal wilayah meliputi kondisi eksternal baik regional, nasional dan internasional yang mempengaruhi kondisi wilayah. Kondisi eksternal wilayah akan menjadi peluang dan tantangan bagi pengembangan wilayah Kabupaten Kulon Progo.


Dokumen Rencana Strategis Kecamatan Sentolo disusun dengan mengacu RPJM Daerah Kabupaten Kulon Progo tahun 2017-2022. Hal ini dimaksudkan agar rencana besar yang tertuang dalam RPJM Daerah Kabupaten Kulon Progo dilihat dari fungsi institusi Kecamatan Sentolo dalam melaksanakan kewenangannya dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam RPJM Daerah. Dengan demikian diharapkan agar hasil akhir dalam proses penyusunan dokumen Rancangan Renstra Kecamatan Sentolo dapat menghasilkan dokumen rencana yang sinergis dan terpadu dengan harapan agar dalam implementasinya diperoleh hasil yang tepat dan terarah.

 

Selengkapnya

Renstra Kecamatan Sentolo 2017 - 2022