Sejarah Singkat dan Peta Administrasi Pemerintahan Kecamatan Sentolo

Dahulu Sentolo merupakan ibu kota Kabupaten, namun setelah Kabupaten Adikarto digabungkan, maka ibukotanya berpindah ke Wates, Kulon Progo. Sentolo yang saat ini termasuk wilayah Kabupaten Kulon Progo hingga berakhirnya pemerintahan kolonial Hindia Belanda merupakan wilayah dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Kulon Progo yang merupakan wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kabupaten Adikarto yang merupakan wilayah Kadipaten Pakualaman. Kedua Kabupaten ini digabung administrasinya menjadi Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 15 Oktober 1951.

Sebelum Perang Diponegoro di daerah Negaragung, termasuk di dalamnya wilayah Kulon Progo, belum ada pejabat pemerintahan yang menjabat di daerah sebagai penguasa. Pada waktu itu roda pemerintahan dijalankan oleh Pepatih Dalem yang berkedudukan di Ngayogyakarta Hadiningrat. Setelah Perang Diponegoro 1825-1830 di wilayah Kulon Progo sekarang yang masuk wilayah Kasultanan terbentuk empat Kabupaten yaitu:

1.             Kabupaten Pengasih, tahun 1831

2.             Kabupaten Sentolo, tahun 1831

3.             Kabupaten Nanggulan, tahun 1851

4.             Kabupaten Kalibawang, tahun 1855

Masing-masing Kabupaten tersebut dipimpin oleh seorang Tumenggung. Menurut buku Prodjo Kejawen pada tahun 1912, Kabupaten Pengasih, Sentolo, Nanggulan dan Kalibawang digabung menjadi satu dan diberi nama Kabupaten Kulon Progo, dengan ibukota di Pengasih. Bupati pertama dijabat oleh Raden Tumenggung Poerbowinoto.[1][1] Dalam perjalanannya, sejak 16 Februari 1927 Kabupaten Kulon Progo dibagi atas 2 (dua) Kawedanan dengan 8 (delapan) Kapanewon, sedangkan ibukotanya dipindahkan ke Sentolo. Dua Kawedanan tersebut adalah Kawedanan Pengasih yang meliputi Kapanewon Lendah, Sentolo, Pengasih dan Kokap/Sermo. Kawedanan Nanggulan meliputi Kapanewon Watumurah/Girimulyo, Kalibawang dan Samigaluh.

Batas Wilayah Kecamatan Sentolo adalah       

Utara Kecamatan        :           Kec. Nanggulan

Timur Kecamatan        :           Sungai Progo

Selatan Kecamatan     :           Kec. Lendah

Barat Kecamatan        :           Kec. Pengasih

sumber : id.wikipedia.org

Peta Administrasi Kecamatan Sentolo

 

Kecamatan Sentolo dipimpin oleh Camat perempuan, Ir. Aspiyah, M.Si. Letak ibukota kecamatan Sentolo berada di Desa Salamrejo. Kecamatan Sentolo terdiri dari 8 (delapan) desa. Berikut adalah nama-nama desa di Kecamatan Sentolo.

Pembagian Administrasi Pemerintahan Desa di Kecamatan Sentolo 

No

Nama Desa

Kepala Desa

Jumlah Pedukuhan

Jumlah Rw

Jumlah Rt

1

Demangrejo

Gunawan

6

11

23

2

Srikayangan

Aris Puriyanto

15

30

60

3

Tuksono         

Panut Hadi Santoso

12

24

48

4

Salamrejo

RS. Harjanto

8

18

36

5

Sukoreno

R. Agus Subiantara

13

26       

52

6

Kaliagung       

Suwito,AP

12

24

48

7

Sentolo

Pj

12

29

60

8

Banguncipto

Humam Sutopo

6

14

28



Jumlah Total

84

176

355

Sumber: Sentolo dalam angka 2010