Pawai Dan Karnaval Meriahkan HUT RI ke 73 di Kecamatan Sentolo

Selasa, 4 September 2018 10:17:40 - Oleh : Tim Kecamatan Sentolo

Belabeliku.com Meluncur Ke Kecamatan Sentolo

Gerakan Masyarakat Sehat PKK Kecamatan Sentolo

Pawai Dan Karnaval Meriahkan HUT RI ke 73 di Kecamatan Sentolo

Upaya Menanggulangi Kesehatan Jiwa Masyarakat, melalui Koordinasi TPKJM Kecamatan Sentolo

JAMBAN UNTUK BAPAK JOYO UTOMO

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73, Warga Kecamatan Sentolo dengan antusias mengikuti kegiatan Pawai dan Karnaval se-Kecamatan Sentolo. Peserta terdiri dari SD, SMP, SMA/K, dan Instansi di Kecamatan Sentolo. (Rabu, 29/8)

Sejak pagi pukul 08.00 WIB sudah ada yang hadir di tempat persiapan yaitu di Lapangan Asem Cilik tepatnya di belakang SD Asem Cilik dengan segenap peralatan, perlengkapan, make up, kostum, dan segala sesuatunya yang mendukung jalannya pawai dan karnaval. Begitu juga dengan para juri yang telah ditunjuk pada saat rapat persiapan kemarin, telah siap di tempatnya masing-masing.

Sebelum acara dimulai, baik peserta dan pendamping bergantian sholat jama’ qoshor dzuhur dan ashar di Mushola SD Asem Cilik, karena acara diperkirakan selesai Maghrib.

Sehabis sholat, peserta langsung diarahkan untuk berbaris sesuai urutan pendaftaran di Lapangan Asem Cilik. Dimulai dari pawai SD, SMP, SMA/K, dan Instansi kemudian disusul karnaval dari SD hingga Instansi.

Garis start berada di barat SD Asem Cilik melepaskan satu per satu peserta dengan kibaran bendera berpola papan catur. Peserta pertama adalah drumband dari SDN 3 Sentolo sebagai pembuka jalan. Kemudian setiap 9 peserta dilepas dari garis start diselingi dengan satu drumband.

Tepat pukul 12.30 WIB, peserta pertama dilepas. Setelah berjalan kira-kira 20 meter, dilepas peserta kedua. Begitu seterusnya hingga akhir. Sorot mata ribuan penonton tak membuat ciut nyali peserta. Kurang lebih sepanjang 1 km setelah garis start, tepat di depan tenda kehormatan telah duduk Bapak Widodo (Camat Sentolo) dan Bapak Kodrat (Polsek Sentolo). Disanalah setiap peserta wajib menunjukkan aksi / display. Meskipun dengan durasi yang cukup pendek (sekitar 2 menit), mereka menunjukkan penampilan terbaiknya. Tak peduli terik matahari membakar kulit.

Tak kalah dengan peserta pawai dan karnaval, penonton juga turut memeriahkan acara. Mereka sudah siap menyaksikan pemandangan yang hanya terjadi setahun sekali ini. Warga padati tepi jalan sepanjang jalur pawai dan karnaval.

Hawa dingin sore itu tak mematahkan semangat peserta dan penonton mengikuti rangkaian kegiatan. Kondisi jalan menanjak dan menurun dilewati dengan penuh semangat dan keceriaan. Di ujung jalur pawai dan karnaval, penonton dan penjual memadati area sekitar finish. Sekitar pukul 18.30 WIB, karnaval dengan nomor urut terakhir telah sampai di garis finish sebagai penutup. Naim Uswatun

« Kembali | Kirim | Versi cetak