UPACARA PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN RI KE 73 DI LAPANGAN SENTOLO

Senin, 20 Agustus 2018 09:24:10 - Oleh : Tim Kecamatan Sentolo

Belabeliku.com Meluncur Ke Kecamatan Sentolo

Gerakan Masyarakat Sehat PKK Kecamatan Sentolo

Pawai Dan Karnaval Meriahkan HUT RI ke 73 di Kecamatan Sentolo

Upaya Menanggulangi Kesehatan Jiwa Masyarakat, melalui Koordinasi TPKJM Kecamatan Sentolo

JAMBAN UNTUK BAPAK JOYO UTOMO

Kemerdekaan adalah suatu momen dimana sebuah negara memulai kehidupan baru untuk hidup bebas dan merdeka. Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan ditandai pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno. Sejak itu, kemerdekaan Indonesia selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Menginjak usia yang ke 73 tahun, Hari Kemerdekaan Republik Indonesia semakin ramai diperingati, dari tingkat kecamatan hingga nasional. Hari ini (17 Agustus 2018) telah diperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di lapangan Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo. Upacara pengibaran bendera merah putih itu dihadiri oleh gabungan TNI/POLRI, BRIMOB, PNS, Perangkat Desa, Mahasiswa KKN / ORMAS, siswa SLTA, SLTP, SD, dan Pramuka.

Sebelum upacara dimulai komandan kompi (BRIGADIR Suratno, BRIGADIR Diso S, SERDA Sarijan, dan SERDA Sugeng R) menyiapkan peserta upacara. Sekitar pukul 09.35 IPDA Sarjiyo dari POLSEK Sentolo memasuki lapangan upacara, sebagai tanda dimulainya upacara. Camat Kecamatan Sentolo (Drs. Widodo) selaku inspektur upacara memasuki lapangan upacara, peserta disiapkan.

Detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine dari mobil dan motor di sekitar lapangan dan kentongan. Dengan lantang dan penuh semangat KOMPOL Kodrat dari KA POLSEK Sentolo membacakan teks proklamasi.

Panasnya terik matahari siang itu tak menurunkan semangat perangkat upacara. Di bawah cerahnya langit biru, sebanyak 52 orang pasukan pengawal bendera yang tergabung dari beberapa sekolah di Kecamatan Sentolo (SMAN 1 Sentolo, SMK PGRI 1 Sentolo, SMK BOPKRI 1 Sentolo, SMK Muhammadiyah 1 Sentolo, dan SMK Ma’arif 1 Sentolo) berpakaian putih putih dengan derap langkah tegap memasuki lapangan upacara dipimpin oleh Komandan Pasukan Rifai Ahmad Harkas dari SMAN 1 Sentolo. Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Ibrar Lanega Pratama, Nismara Aptasari, dan Adnan Azis Adyatma diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh paduan suara yang terdiri dari guru SD di Kecamatan Sentolo.

Di ujung upacara, Drs. Sumanggiyo Usadi, MA dari KUA Sentolo membacakan do’a. Usai penutupan upacara, SDN 3 Sentolo turut memeriahkan acara dengan aksi drumbandnya.

Dengan upacara ini, harapannya Bangsa Indonesia dapat memaknai Kemerdekaan Indonesia, terutama warga Kecamatan Sentolo. Mengenang jasa-jasa para pahlawan yang dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan bangsa, meniru dan meneladani sifat-sifat pahlawan Indonesia. (Naim Uswatun)

« Kembali | Kirim | Versi cetak