PENGAJIAN RUTIN KARYAWAN, PERANGKAT DESA SEKALIGUS MANGAYUBAGYO JAMAAH HAJI TAHUN 2017

Selasa, 3 Oktober 2017 09:31:07 - Oleh : tim website kec sentolo

MUSYAWARAH ANTAR DESA(MAD) PROGRAM INOVASI DESA KECAMATAN SENTOLO

BEDAH RUMAH BERSAMA WAKIL BUPATI

SOSIALISASI OPERASI ZEBRA PROGO 2017

STUDY BANDING PESERTA DIKLATPIM II BPSDM PROVINSI BALI

PENTAS SENI DI PASAR PERCONTOHAN SENTOLO

Jumat pagi, 28 September 2017, pukul 08.00 WIb  , bertempat di Balai Pertemuan UPTD PAUD Dikdas Kecamatan Sentolo,  dilaksanakan pengajian rutin bulanan karyawan/karyawati, perangkat desa serta warga masyarakat. Untuk pengajian bulan ini, pengurus Bazcam menghadirkan bapak Ustadz H. Suyanto, S Ag. MSi  dari Ponpes modern Madaniyah Gedong Kuning Jogjakarta. Dalam kesempatan pengajian bulan ini dilaksanakan  bersamaan dengan mangayubagyo kedatangan  27 orang jamaah haji dari wilayah kecamatan Sentolo.

 

 

Sebelum Tauziah dari bapak Ustadz H. Suyanto, S Ag. MSi  dimulai, pengurus IPHI yang diwakili Drs H. Subintomo,  memberikan sambutan dan laporan mewakili rombongan  jamaah haji  menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan dari seluruh jamaah pengajian, sekaligus memohon doa restu semoga seluruh jemaah haji , ibadahnya diterima Alloh SWT dan digolngkan sebagai haji Mabrur. Selain itu , seluruh jamaah haji otomatis menjadi anggota dalam IPHI di wilayah Kecamatan Sentolo, sehingga diharapkan untuk selalu aktif dalam kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh IPHI.

Selanjutnya Bapak Camat Sentolo Drs. WIDODO, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur bahwa seluruh jamaah haji dari kecamatan Sentolo bisa kembali dengan selamat, selain itu juga menghimbau agar IPHI segera mengusahakan gedung pertemuan diniati dan diusahakan sedikit demi sedikit sehingga bisa bermanfaat untuk pertemuan rutin dan pengajian.

Dalam tauziahnya, Bapak Ustadz H. Suyanto, S Ag. MSi  ikut mangayubagyo kedatangan jamaah haji se kec sentolo, ikut berbahagia karena semua kembali dalam keadaan sehat. Selanjutnya bapak ustadz juga mengulas bagaimana mempertahankan kemabruran dalam beribadah haji, dan peningkatan-peningkatan perilaku yang harus dilakukan sehingga kemabruran dalam berhaji bisa dipertahankan sehingga insya Alloh bisa menjadi ahli surga. Beberapa cara antara lain dengan 4 cara:

1.    Gapyak semanak, gupuh aruh-aruh, artinya ramah pada lingkungannya, dan bisa berinteraksi dengan lingkungannya.

2.    rajin bersodakhoh agar semakin menambah jatah rizki kita, ada pepatah jawa Wutah ben Tambah, Lokak Bakal Kebak, artinya bersodakhoh akan melapangkan jalan/pintu rizki kita, harta yg berkurang karena beramal akan memudahkan bertambahnya rizki kita dari berbagai arah. Oerang yang pelit dan kikir akan banyak cobaan dan bencana berkaitan dengan harta yang dimilikinya.

3.    Silaturahmi akan menjaga hubungan baik sesama muslim,

4.    Ritual sholat malam selalu dilakukan

Usai pengajian dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan doa bersama.

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak