JAMBORE KADER JUMANTIK PUSKESMAS SENTOLO I DAN PENGUATAN POKJANAL DBD KECAMATAN SENTOLO TAHUN 2017

Jum`at, 22 September 2017 10:11:33 - Oleh : tim website kec sentolo

JAMBORE KADER JUMANTIK PUSKESMAS SENTOLO I DAN PENGUATAN POKJANAL DBD KECAMATAN SENTOLO TAHUN 2017

 

Permasalahan demam berdarah masih menjadi salah satu perhatian di dunia kesehatan. Dalam kurun watu 5 tahun terakhir jumlah kasus dan  daerah terjangkit terus meningkat dan menyebar luas serta menimbulkan (Kejadian Luar Biasa/KLB). Sehubungan dengan hal tersebut, Puskesmas I dan II sudah melakulan pelatihan kepada Kader Jumantik di seluruh wilayah Desa dan Dukuh. Pada beberapa dukuh telah dilaksanakan peatihan dan diharapkan mereka mampu menjadi pioneer  dalam pemantauan jentik sehingga kasus DBD bisa diturunkan dengan maksimal.

Dalam rangka pencegahan penularan DBD ini, yang paling efektif adalah dngan Pemberantasan Sarang Nyamuk(PSN) melalui 3M plus.

Permasalahan yg sering muncul dalam upaya pengendalian DBD antara lain:

1.     Kurangnya peran masyarakat dalam pengendalian DBD terutama pada PSN

2.     Kurangnya kerjasama lintas sector dan lintas program

3.     Perubahan iklim yg ekstrem dan cenderung menambah jumlah habitat vector DBD (nyamuk) sehingga resiko penularan juga bertambah

4.     Gejala DBD sulit dibedakan dgn gejala penyakit lain

Dalam rangka antisipasi permasalahan tersebut diselenggarakan Jambore Kader Jumantik Puskesmas Sentolo dan Penguatan Pokjanal DBD se  Kecamatan Sentolo sebagai bentuk apresiasi dan wahana advokasi kepada sector terkait dalam pencegahan dan penanggulangan DBD. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, tanggal   20 September 2017 mulai pukul 09.00 WIB di Rumah Makan De Atemos di Depan Puskesmas Sentolo II.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, diawali dengan penandatanganan Komitmen PSN serentak di Kecamatan Sentolo oleh seluruh peserta Jambore dan Nara Sumber.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten KUlon progo dr. Bambang Haryatno M. Kes dilanjutkan pembekalan oleh dr. Susilo Pradyarto, drg. Wira Utami dan drg. Th . Baning Rahayujati, M.Kes. dan pukul 12.45 WIB kegiatan diakhiri.

« Kembali | Kirim | Versi cetak